Home  >  Mengapa Memilih Kami  >  Info Tentang Departemen

Info Tentang Departemen

PUSAT BEDAH SARAF DI Siloam Hospitals Lippo Village

Didirikan pada tahun 1996, Pusat Ilmu Saraf atau Neuroscience Center kami ditujukan untuk menangani kelainan pada otak dan saraf melalui penelitian dan spesialisasi, serta menyediakan layanan pencegahan dan kuratif. Neuroscience Center kami memiliki spesialisasi menangani gangguan otak, saraf tulang belakang dan gangguan saraf perifer, agar bisa  mempertahankan fungsi optimal otak dan sistem saraf.

Microsurgery atau bedah skala mikro merupakan salah satu spesialisasi utama kami. Tindakan pembedahan ini dilakukan dengan teknik pembesaran resolusi tinggi, menggunakan instrumen mini pada wadah mikrospkopis, didukung dengan monitor intra operasi, alat navigasi dan sebagainya. Neuroscience Center kami menggunakan peralatan dan teknologi medis terkini, serta bekerjasama dengan universitas serta rumah sakit internasional lainnya.

Dipimpin oleh ahli bedah saraf terkenal di dunia, Dekan Fakultas Kedokteran di Universitas Pelita Harapan, sekaligus dosen tamu dan pembicara di enam benua, Prof. Dr. Dr. dr. Eka J. Wahjoepramono, SpBS, dan didukung oleh tim Bhinneka Tunggal Eka, Pusat Ilmu Bedah Saraf kami merupakan salah satu yang terkemuka di Indonesia maupun di kalangan Internasional. Prof. Eka adalah seorang Ahli Bedah Saraf pertama yang berhasil melakukan operasi pengangkatan tumor batang otak. Beliau juga dikagumi atas usahanya dalam mendukung mereka yang dari kalangan sosio-ekonomi kelas bawah di Indonesia.  Prof. Eka, dr. Julius beserta tim aktif dalam World Federation of Neurosurgery dan diakui melalui berbagai studi kasus yang telah dipresentasikan melalui berbagai forum.

Pelayanan komprehensif kami meliputi perawatan berkesinambung, termasuk pemeriksaan, diagnosis, manajemen klinis, rehabilitasi dan edukasi terhadap pasien – sebuah pusat yang serba lengkap bagi pasien.  Beberapa contoh tindakan pembedahan spesialis yang dilakukan di pusat saraf kami, namun tidak sebatas itu, adalah :

  • Cedera kepala dan tulang belakang akibat kecelakaan lalu lintas.
  • Tumor otak dan tumor saraf tulang belakang.
  • Kelainan bawaan susunan saraf pusat seperti hidrosefalus kongenital, benjolan di kepala sejak lahir (ensefalokel), benjolan di punggung (myelokel) dan kelainan saraf tulang belakang lainnya.
  • Stroke perdarahan baik karena hypertensi, pecahnya pembuluh darah otak (aneurisma), malformasi arteri-vena (AVM).
  • Stroke iskemik akibat sumbatan pada pembuluh darah arteri.
  • Kelainan degeneratif pada tulang belakang seperti saraf yang terjepit (HNP), pergeseran tulang belakang, kerusakan tulang belakang akibat keropos, dll.
  • Penyakit infeksi susunan saraf pusat seperti abses otak, peradangan selaput otak (meningitis), infeksi jamur pada otak, dll.
  • Kelainan fungsional yang membutuhkan tindakan pembedahan seperti sisi wajah yang berkedut-kedut (tic facialis), nyeri sis wajah yang terus menerus (neuralgia trigeminal), telapak tangan berkeringat, nyeri dan baal pada telapak tangan serta ujung jari (carpal tunnel syndrome), epilepsi, dll.
  • Peningkatan terbaru dalam jenis terapi kami adalah Gamma Knife®, bedah otak tanpa pisau. Kami menggunakan alat Gamma Knife® terbaru, Leksell Gamma Knife® Perfexion™.